Kamis, 16 Januari 2014

Penggunaan jendela MS Excel 2007

Lembar kerja Ms Excel berbeda dengan dengan lembar kerja Ms Word. Tampilan yang muncul pada lembar kerjanya jelas sekali perbedaannya, dimana Ms Word lembaran kerjanya merupakan kertas polos sedangkan lembaran kerja Ms Excel terdiri dari kolom dan baris. Ms Excel sesuai dengan sebutannya pengolah angka maka jelas bahwa yang diolah adalah angka yang berarti apa yang dilakukan oleh Excel merupakan kegiatan berhitung (calculating).



Langkah-langkah mengaktifkan Ms Excel diantaranya:
1. Start menu program - Ms Office - Ms Excel

2. Klik 2x  icon Ms Excel di desktop









Berikut Jendela Ms Excel 2007


























Title Bar
Bar yang menginformasikan nama file dan aplikasinya. Secara default Ms Excel akan memberi nama workbook1

Menu bar
Bar yang terdiri dari pilihan Home, Insert, Page layouts, formulas, Data, Review dan View. Menu bar ini memiliki bagian-bagiannya lagi dan melihat isinya

Toolbar
Bar yang terdiri dari icon-icon yang merupakan bagian dari Menu bar, artinya jika Menu bar dipilih maka perintah-perintahnya akan tampil dalam bentuk icon-icon. Seperti contoh jendela di atas, menu bar Home dan toolbarnya terdiri dari beberpa kelompok seperti Clipboarr, Font, Alignment, Number, Styles, Editing dan Cells.

Name Box
Adalah cell yang sedang aktif (pada contoh gambar diatas E9) dan penggunaannya lebih lanjut dari name box adalah "pemberian nama tertentu" sehingga tidak lagi membaca kolom dan baris dalam penggunannya tetapi menggunakan nama yang diberikan tadi.

Formula bar
adalah bar yang berfungsi sebagai media input dan pada jendela Ms Excel formula bar banyak digunakan untuk edit isi cell. Editing (perubahan) bila dilakukan pada cell akan menyulitkan karena terganggun dengan kolom dan baris di sebelahnya sehingga tampilan utuh isi cel dapat terlihat jelas pada formula bar.

Worksheet (sheet)
adalah lembar kerja (sheet) yang dapat di tambah (insert) dan dihapus (delete) serta diberi nama sesuai dengan isi sheetnya (rename) yang terdapat pada sebuah workbook. Sederhananya bila workbook itu sebuah buku maka worksheet-nya adalah lembaran halaman buku.

Cell
adalah tempat yang terjadi pertemuan antara kolom (column) dan baris (row), contohnya cell A5, dibaca kolom A dan baris 5.

Quick access
adalah beberapa pilihan yang ditampilkan karena sering digunakan oleh user, seperti pada jendela di atas quick access-nya terdiri dari save, redo dan undo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar