Rabu, 08 September 2010

Bekerja dengan Zip (compressed)

Zip merupakan sebutan untuk file-file yang kapasitasnya diperkecil (compressed), artinya kapasitas aslinya saat di zip menjadi lebih kecil/berkurang tanpa menghilangkan atau mengurangi bagian-bagian file yang di zip tadi. Cara kerja zip tidaklah terlalu rumit dikarenakan telah banyak software utilities yang dapat digunakan dan pengguna tinggal memilih yang disukai. Disini saya tampilkan beberapa compressed file yang  sering digunakan dan dapat di download.

Misalnya pengguna mempunyai beberapa file dan kapasitas media penyimpan data (sebut saja flashdisk) terbatas  maka "zip" dapat digunakan agar file-file tadi dapat tersimpan ke flashdisk. Di samping kapasitas dapat diperkecil, dengan zip pengguna dapat juga menambahkan pasword untuk dapat mengakses file-file yang di zip tadi.

Ada beberapa macam software utilities yang dapat digunakan untuk melakukan zip dan ini disesuaikan dengan kebutuhan. Pengguna komputer yang menggunakan zip sebaiknya memperhatikan beberapa hal:

1. Jenis software yang digunakan untuk men-zip file
Jika software yang digunakan software A maka untuk membuka zip (unzip) haruslah memnggunakan software yang sejenis atau yang sesuai (jenis software berbeda tetapi mampu membaca zip tersebut) 

2. Setiap file yang di zip haruslah melakukan unzip (membuka) ke suatu tempat di komputer atau media penyimpan lainnya agar file-file tersebut tersimpan seperti normalnya file-file anda dan tidak melakukan unzip setiap membuka file tersebut.

Langkah-langkah menzip file (menggunakan standart windows xp) sebagai berikut:

1. tandai file-file yang akan di zip (sebagai contoh file yang akan di-zip bernama zip1, zip2, zip3)
2. klik kanan mouse-send to-compressed (zipped) folder



maka pada halaman itu juga akan muncul sebuah folder zip1 yang berisikan file-file zip1, zip2, zip3 dan sampai disini selesai sudah proses men-zip file zip1, zip2, zip3. Selanjutnya folder zip1 inilah yang digunakan untuk kegiatan mengirim (lewat email), mencopy atau memindahkannya ke media penyimpan data lain.

Langkah-langkah meng-unzip sebagai berikut:

1. klik kanan mouse folder zip-extract all dan muncul jendela berikut:

klik next


2. berikutnya muncul jendela ini untuk menentukan tempat menyimpan file-file yang di unzip


untuk menentukannya klik browse dan tentukanlah dimana simpannya.Tetapi bila setuju dengan tempat yang dinyatakan pada bar directory yang di sorot biru diatas maka klik next

 3. setelah menentukan tempatnya maka klik ok

Nah....mudah buka untuk melakukannya. Banyak pengguna komputer sering merasa punya file yang diterimanya dari orang lain atau download dan ternyata file tersebut di compressed (zip) tidak dapat dibukanya dan menganggap komputer yang digunakannya ada masalah. Maka mulailah mengenal software utilities zip ini agar pekerjaan tidak tertunda atau terganggu karena kurang memahami proses compressed (zip). Selamat mencoba......!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar