Rabu, 24 November 2010

Bekerja dengan action button powerpoint

Action button merupakan perintah yang dibuat untuk mengendalikan slide demi slide dan mengendalikan hubungan slide dengan file di luar slide, misalnya video, MP3 dan aplikasi lainnya. Sebagai ilustrasi, saat presentasi berlangsung dan anda harus memutarkan sebuah video yang ada hubungannya dengan isi slide yang akan diterangkan. Maka sudah dapat dipastikan anda harus membuka jendela baru dan mencari file video dan memutarkannya dan setelah selesai memutarkannya anda kembali ke slide. Jelas ini dapat dilakukan dan tidak ada salahnya tetapi yang menjadi persoalannya adalah: "apakah anda mau buka tutup jendela setiap menggunakan file di luar slide" dan jawabannya tentu tidak.

Sudah menjadi tugas dari action button ini yang menghubungkan slide dengan file lainnya dan selanjutnya powerpointlah yang mencari dan membukakan file tersebut dan jika file tersebut selesai dan di tutup maka akan kembali ke slide.

Mari kita coba membuat sebuah action button (disini sebagai contoh menggunakan file lagu dengan format MP3) dan langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Pada jendela slide (seperti berikut ini);


2. klik insert-shapes-pilih kelompok action button (paling bawah) seperti jendela berikut ini


3. berikut klik kiri mouse dan akan terbentuk icon speaker (seperti jendela berikut ini):




4. klik button hyperlink-other file (seperti jendela berikut ini)


berikut ini adalah pencarian dimana file MP3 yang akan kita gunakan dan pilih filenya lalu klik ok

Nah selesai sudah slide anda terhubung dengan file lagu (MP3) dan selanjutnya jalankan slide show dan ada icon speaker maka powerpoint akan menghubungkan dengan file pilihan anda dan memutarkan lagu untuk anda. gampang bukan, sesuatu tidak ada yang sulit selama kita mau untuk mencoba dan mencari tahunya....Sampai jumpa!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar