Selasa, 01 Maret 2011

Fungsi text dalam pembacaan karakter

Fungsi text merupakan fasilitas dari ms excel yang diperuntukkan pembacaan karakter dari sebuah cell. Karakter yang dimaksud dapat berupa angka, huruf, spasi dan lambang seperti @, #,$, dan seterusnya. Misalnya dari sebuah barang memiliki kode barang CM-P4-M-532. Kode barang tersebut pada dasarnya memiliki arti yang dapat menjelaskan barang tersebut. Sebut saja dari kode barang CM-P4-M-532 kita uraikan menjadi:

- CM  untuk menjelaskan jenis barangnya yaitu komputer
- P4    untuk menjelaskan tingkatan komputer pentium 4
- M    untuk menjelaskan multimedia
- 532  untuk menjelaskan nomor barang


Jika pembacaan dari masing-masing kode dilakukan secara manual maka sudah dapat dipastikan pekerjaan tidak akan pernah selesai karena disibukkan hanya untuk membaca kode barang. Jelas waktu dan tenaga akan terbuang sia-sia.  Disinilah fungsi text sangat dibutuhkan karena fungsi text dapat pembacaan karakter seperti contoh di atas dapat dilakukan dengan hitungan detik dan tidak perlu khawatir akan kesalahan dalam pembacaan karakter (kecuali kesalahan user dalam menyusun formula fungsi text).

Ada beberapa fungsi text yang dapat digunakan diantaranya:

1. Fungsi text pembacaan karakter dari kiri; dengan menyusun formula ini maka karakter akan dibaca mulai dari kiri ke kanan. Ketentuannya sebagai berikut =left(cell;jumlah karakter yang dibaca dari kiri)

Sebagai contoh: jika kode barang CM-P4-M-532 berada di cell b4 maka formula left dapat dimasukkan:
=left(b4;2) maka akan menghasilkan CM, jika =left(b4;4) maka akan menghasilkan CM-P (tanda strip (-) dibaca karakter dimana mulai dari C (1), M (2), - (3) dan P (4

2. Fungsi text pembacaan karakter dari kanan; dengan menyusun formula ini maka karakter akan dibaca mulai dari kanan ke kiri. Ketentuannya sebagai berikut =right(cell;jumlah karakter yang dibaca dari kanan) 

Sebagai contoh: jika kode barang CM-P4-M-532 berada di cell b4 maka formula right dapat dimasukkan:
=right(b4;3) maka akan menghasilkan 532, jika =right(b4;5) maka akan menghasilkan M-532 (tanda strip (-) dibaca karakter dimana mulai dari 2 (1), 3 (2), 5 (3), - (4) dan M (5


3. Fungsi pembacaan karakter dari tengah;  dengan menyusun formula ini maka karakter akan dibaca mulai dari tengah sebagai urutan kek 1dan selanjutnya pembacaannya dari kiri ke kanan. Ketentuannya sebagai berikut =mid(cell;jumlah karakter ke 1;jumlah karakter yang dibaca dari kiri ke kanan)

Sebagai contoh: jika kode barang CM-P4-M-532 berada di cell b4 maka formula mid dapat dimasukkan:
=mid(b4;4,2) maka akan menghasilkan P4, jika =mid(b4;7;1) maka akan menghasilkan M

dari dua contoh mid di atas 
bahwa hitungan 1 di mulai dari karakter ke 4 maka P (1), 4 (2), - (3), M (4) dan seterusnya.
bahwa hitungan 1 di mulai dari karakter ke 7 maka M (1), - (2), 5 (3), 3 (4) dan seterusnya.

Mulai merancang sebuah program sederhana dimana sebuah kode dapat disusun dengan memberi arti pada setiap kode tersebut dan untuk memudahkan mengurainya maka gunakanlah gungsi text dalam pembacaannya. Selamat mencoba ..............!!!!!!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar