Sabtu, 13 Agustus 2011

Perkembangan monitor sebagai out put pada sebuah komputer

Hardware adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi berbeda-beda. Setiap perangkat keras komputer memiliki spesifikasi dan tingkatan yang tentunya hasilnya pun berbeda pula. begitu juga dengan monitor yang merupakan komponen hardware komputer. 

Monitor berasal dari bahasa latin yang memiliki arti penyaran atau pengingat (http://id.wikipedia.org/wiki/Monitor). Pada sebuah komputer, monitor termasuk dalam kelompok out put dimana fungsinya adalah menampilkan hasil dari sebuah proses yang dilakukan lewat input. Perkembangan monitor pada komputer, sebagai berikut:

a. Monitor Chathode ray tube (CRT)
Ciri khas dari monitor ini adalah penggunaan tabung (tube). Sampai tahun 1980, monitor tipe inilah yang pertama kali digunakan komputer sebagai out put dan masih monochrome dengan kualitas gambar yang masih minim. Tahun 1981, IBM menemukan monitor Color Graphic Adapter (CGA) yang mampu menghasilkan empat warna dengan resolusi 320x200 pixels. Tahun 1984, dikembangkan monitor Enhanced graphic Adapter yang mampu menghasilkan 16 warna dengan resolusi 640x350 pixels. Berikut contoh dari bagian dalam dan model monitor CRT:








http://id.wikipedia.org/wiki/Monitor










http://www.sprintech.co.za/Products.php


b. Monitor Liquis Crystal
Monitor ini diperkenalkan tahun 1990-an yang dikenal dengan Liquid Crystal Displays (LCDs). pada pertengahan tahun 1990 an monitor LCD dan semakin populer samia tahun 2000-an. Warna yang dihasilkan telah full color dengan berbagai keuntungan diantaranya; membutuhkan listrik yang rendah, lebih terang, dan tidak memakan tempat yang luas.












http://www.letsgodigital.org/en/13974/envision-lcd-monitor/

c. Organic Light-Emitting Diode (OLED)
Monitor ini lebi kontras dan memiliki sudut pandang yang lebih dari kemampuan LCD. Monitor ini harganya masih cukup mahal.













Demikianlah sekilas perkembangan monitor komputer dan yang perlu untuk ditekankan adalah fungsi monitor itu sebagai out put (hasil dari sebuah proses). Tetapi karena kemampuan untuk mengembangkan maka secara phisik monitor memiliki keragaman bentuk dan secara phsisik pula perangkat elektronik yang digunakan pun semakin kecil dan tipis sehingga bermunculan berbagai macam LCD dan OLED. Semoga bermanfaat!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar