Jumat, 18 Mei 2012

Membuat account di Alexa untuk blog

Para pemilik blog tentu ingin mengetahui seberapa berkembangnya blog yang anda buat dan seberapa banyak orang yang telah mampir ke blog anda dan ini tidak mungkin kita lakukan secara manual untuk dunia maya (internet). Jutaan pengguna internet tentu akan mencari informasi lewat blog, web dan berbagai situs yang ada di internet yang menyajikan berbagai informasi, dan untuk itu sudah tentu ini tidak terlepas dari isi (content) blog anda sendiri; apakah content blog anda menyajikan topik yang banyak dicari orang atau content yang hanya didasari kebutuhan anda dan berharap ada pencari informasi yang juga membutuhkan infonya. Memang ada banyak content yang dapat menarik untuk mendapatkan kunjungna yang banyak dari para pencari info di dunia maya.


Tetapi bagi kita pemula, saya menyarankan supaya anda tetap aja fokus pada content yang memang anda ketahui dan orisinil pemikiran anda (artinya apa yang anda dapatkan, itulah content blog anda). Jelas ini cukup lambat dalam pencapaian jumlah pengunjung dibandingkan dengan mengisi content blog yang diminati, tetapi dengan berjalannya waktu sudah dapat dipastikan content blog anda anda memiliki info yang banyak pula (hanya saja masalahnya waktu yang panjang untuk dapat mencapai hasil yang memuaskan). tetapi satu hal yang pasti bahwa content blog anda lebih valid dan teruji karena kebanyakan artikelnya sudah pasti telah anda lakukan (praktekkan). Ini bermanfaat untuk membangun kepercayaan pencari info terhadap blog anda yang lambat laun akan terjadi dengan sendirinya. Dengan kata lain "lambat tapi pasti".

Ada banyak penyelenggara counter visitor (penghitung pengunjung) suatu blog dan ini sah-sah aja yang mana yang anda gunakan pada blog anda. Disini saya akan memberikan langkah-langkah menggunakan Alexa:

1. klik pada bar search engine anda : http://www.alexa.com (disini anda diharuskan terlebih dahulu membuka account di Alexa)


2. Setelah anda klik create an account maka selanjutnya muncul jendela berikut ini


lalu anda isikan email anda dan nick name lalu klik register

3. Setelah itu muncul informasi bahwa anda telah berhasil memiliki satu account di Alexa, dan selanjutnya anda aktifkan dengan membuka email yang anda gunakan saat pendaftaran tadi.



4. Setelah selesai anda aktifkan melalui email tadi maka akan muncul jendela berikut ini


pada tahap ini anda diminta untuk membuat sebuah password:
set password       :
verify password   :
lalu klik submit password

5. Selesai sudah account anda dibuat di Alexa dan selanjutnya muncul jendela berikut ini



Sampai disini anda sudah mempunyai sebuah account di Alexa dan sudah dapat anda pergunakan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan blog anda yang katanya semakin tinggi angka traffic-nya berarti blog anda banyak dikunjungi oleh para pencari informasi di internet. Tetapi untuk permanen traffic Alexa ini ada di blog anda maka anda harus melanjutkan dengan mengklik lingkaran merah (claim your site) dan lingkaran biru (Alexa site widget). Dua hal ini akan saya bahas terpisah karena perlu penjelasan dan beberapa langkah yang dapat membingungkan anda. Selamat mencoba???!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar