Sabtu, 22 Januari 2011

Pembuatan formula pada Ms excel

Formula adalah sebuah rangkaian proses yang dibuat untuk menghasilkan informasi yang diinginkan sehingga rangkaian proses tadi haruslah mampu untuk melakukan pembacaan terhadap data yang ada. Sering para pengguna Ms Excel lalai dalam pembuatan formula dimana pembacaan data tidak dilakukan pemisahan karakter dan menganggap semua data tersebut sama. Atau dalam pembuatan formula menggunakan "spasi" yang dapat mengakibatkan kegagalan dalam eksekusi proses.

Ada beberapa hal yangharus diperhatikan dalam pembuatan formula walaupun hal ini sering dianggap tidak perlu diperhatikan tetapi dapat mengakibatkan kegagalan dalam proses, diantaranya:

1. Penggunaan tanda "="; bila formula dibuat maka selalulah untuk mengawali dengan tanda = karena bila tidak diawali dengan tanda = maka Ms excel menganggap bahwa formula tersebut adalah sebuah text (tulisan) yang tidak memerlukan proses selanjutnya. Misalnya melakukan perkalian 2 kali 3 maka formulanya adalah =2*3, dan  menghasilkan nilai 6, tetapi bila dituliskan 2*3 tanpa diawali  tanda = maka formula ini hanyalah sebuah penulisan angka 2, tanda bintang dan angka 3 tanpa melakukan perkalian

2. Penggunaan spasi; pada bagian-bagian tertentu formula tidak dibenarkan menggunakan spasi dan jika ini dilakukan maka dapat mengakibatkan kegagalan formula dalam melakukan proses selanjutnya. Spasi atau karakter kosong pada sebuah program memililki makna karena dianggap sebuah karakter walaupun kosong. Spasi dapat digunakan bila ada pemberian karakter bantuan dan biasanya karakter tersebut adalah tanda kutip dua (") yang diletakkan diawal dan diakhir. Misalnya pada keterangan akan diproses informasi bonus atau tidka ada bonus maka formula keterangan tersebut haruslah menggunakan tanda spasi untuk tidak ada bonus tetapi dalam penulisannya sebagai berikut "tidak ada bonus".

3. Pembacaan karakter angka dan text; maksudnya karakter angka dan text haruslah dipisahkan sehingga formula dapat melakukan proses. Misalnya kode barang tv29s yang berarti barangnya televisi, ukurannya 29 inci dan mereknya sonny (s untuk sony). Jika tv29s dibaca angka maka ini jelas salah total, tetapi bila dibaca sebagai text maka hal ini benar dan penulisan pada formula yang benar adalah "tv29s" dimana tanda kutip dua memberi makna pembacaan text.

Semoga 3 hal diatas dapat membantu dalam pembuatan formula sehingga formula yang dibuat dapat menghasilkan informasi yang diinginkan dan dapat dipergunakan. Selamat mencoba...!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar