Sabtu, 16 April 2011

Membuang (remove) aplikasi dari PC

Kebanyakan Pengguna (user) komputer terganggu dengan program atau aplikasi yang tidak diinginkan pada komputer (PC)/laptop anda. Semakin banyak program atau aplikasi yang tidak berguna ada di komputer atau laptop anda maka dapat mengganggu kinerja komputer anda sendiri. Selama progrm atau aplikasi yang tidak diinginkan itu baik-baik saja, tentu tidak ada masalah. Tetapi sebaliknya, jika program itu memiliki virus (akibat install-an tidak baik/bersih) maka hanya menambah beban kerja komputer anda.

Ada beberapa hal  kenapa prgram atau aplikasi yang tidak diinginkan harus di buang (uninstal) pada komputer anda:

1. Jika program atau aplikasi itu tidak digunakan maka pertanyaan yang timbul kenapa ada pada komputer anda? Siapa tahu nanti diperlukan, mungkin itu jawaban anda. Tetapi itu bukanlah sebuah solusi karena kalau pemikiran seperti itu maka sudah dapat dipastikan semua pemilik komputer menginstal semua jenis program/aplikasi karena nanti pasti diperlukan. Kondisi ini dipertahankan akan memperkecil kapasitas daya tampung hardisk komputer/laptop anda karena ruang kosong menjadi semakin sempit.

2. Memperberat kinerja komputer anda karena ruang kosong semakin sedikit; coba anda bayangkan jika kapasitas ruangan diisi dengan jumlah orang yang sedikit maka orang di dalam ruangan akan bebas bergerak. Tetapi jika ruangan dipadati dengan orang maka sudah dapat dipastikan pergerakan orang di dlam ruangan pun akan menjadi terhambat karena berdesakan. Kondisi hardisk anda pun begitu jika terlalu banyak program atau aplikasi sementara urang yang tersedia terbatas.

3. Terlalu panjang proses yang dibaca komputer anda saat melakukan loading sehingga proses panjang ini memakan waktu, belum lagi kemampuan hardware komputer yang terbatas (spesifikasi rendah)

langkah-langkah untuk membuang program atau aplikasi yang tidak diinginkan sebagai berikut:

1. klilk start - control panel (muncul jendela berikut ini)


2. klik add/remove programs (muncul jendela berikut ini)


klilk program atau aplikasi yang diinginkan untuk di buang (uninstal).

3. klik button yang muncul "change/remove" atau kadang yang muncul hanya button "remove". Pada komputer yang tidak memunculkan button tersebut maka button "unsintal/remove" dapat di klilk pada bar diatas jendela add/remove program.

Nah selanjutnya anda akan menyaksikan proses pembuangan program atau aplikasi berlangsung. Biasanya pilihan selalu pada kata "next". Tetapi ada juga pilihan button "unsinstal". Ini semua tergantung bagaimana program atau aplikasi tadi di buang. Kondisi terakhir yangmuncul jika proses pembuangan selesai ditandai dengan ketrangan "Finish" atau "komputer minta di restart" untuk menyelesaikan proses pembuangan program atau aplikasi.

Tidaklah harus menjadi seorang yang expert (ahli komputer) karena anda juga dapat melakukannya sendiri. yang perlu diperhatikan adalah ketelitian dan kesabaran nada untuk tetap memperhatikan perubahan saat pembuangan berlangsung. Selamat mencoba....????!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar