Sabtu, 16 April 2011

Pengaturan waktu animasi

Adakalanya penyaji (presenter) tidak mau di sulitkan dengan pergantian slide ke slide sehingga penyaji hanya menyampaikan informasinya saja dan slide akan terus berjalan dan akan berhenti jika presenter memberhentikannya.

Ada kelemahan dari penetapan slide presentasi seperti di atas (bergerak terus otomatis):

1. Presenter tidak dapat mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjelaskan setiap slide; bisa penjelasan membutuhkan waktu yang panjang atau sebalilknya malah waktu nya lebih singkat.
2. Presenter akan selalu dikejar-kejar dan terikat waktu yang ditetapkan per slide dalam menyampaikan informasi; ini dapat menyebabkan konsentrasi penyaji akan terganggu 

Dari 2 kelemahan di atas maka slide presentasi yang berjalan otomatis secara terus menerus ini lebih tepat untuk kegiatan statis; artinya slide dijalankan terus hanya sebagai media informasi tanpa penjelasan dari presenter (atau dengan kata lain hanya sebagai tontonan saja).

Jika anda sudah memutuskan slide di buat berjalan otomatis maka berikut ini langkah-langkah membuatnya:

1. bukalah file presentasi yang akan dibuatkan animasinya (seperti jendela berikut ini)


2. Lihatlah bar animation yang terdapat di atas (seperti jendela berikut ini)


Keterangan:
a. bar tampilan animasi dapat dipilih (kotak-kotak di atas)
b. transaction sound; pilihan suara yang digunakan saat pergantian slide berjalan
c. transaction speed; kecepatan pergantian slide
d. apply to all; pilihan di atas a, b, c diberlakukan untuk seluruh slide yang dibuat

Advance slide
a. on mouse click; jika ini diberi centang maka yang mengendalikan masih dilakukan oleh presenter karena jika di klilk baru terjadi pergantian
b. automatically after; jika ini di pilih maka anda harus menentukan waktunya (00:00) terlebih dahulu dan ini akan berganti dengan sendirinya setiap waktu yang ditetapkan tadi


Jika selesai kerjaan di atas maka sekarang saatnya untuk menjalankan file slide untuk berjalan terus tanpa henti sampai anda menghentikannya. Ini yang berjalan otomatis bukan slide per slide tetapi file itu akan aktif terus menerus (berjalan slide demi slide), dimana setiap file slide di buka maka presentasi akan berjalan terus menerus dari awal sampai akhir dan di ulang kembali.

langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. buka file slide yang akan dijalan aktif terus menerus, lalu klik slide show-setup slide show (muncul jendela berikut)


klik "presented by a speaker (full screen)",  beri centang pada "loops continously until ' Esc' dan from "  " to " dan kllik pada "using timing, if presents". Jika semua telah di set maka klik OK.


Nah selesai sudah pengaturan animasi slide otomatis dan jika tidak ada lagi perubahan dari slide yang dibuat maka simpanlah dengan "save as" dengan tipe "powerpoint show". Ini dilakukan agar file slide ini jika dibuka akan menampilkan slide presentasi dan berjalan dengan sendiri sehingga peserta dapat menonton tampilan anda di sela-sela waktu santainya. Selamat mencoba...????!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar