Minggu, 17 April 2011

Pembuatan header dan footer pada slide

Pengguna header dan footer pada slide berfungsi untuk penginformasian beberapa informasi slide itu sendiri dan pengguna (user) slide. Misalnya pada footer diisikan nomor halaman slide, lembaga atau instansi pengguna (user) dan seterusnya. Pada header dapat saja diisikan nama pengguna, tanggal penyajian presentasi dan seterusnya. Pada dasarnya apa yang ingin disampaikan kepada khalayak ramai yang melihat slide demi slide sehingga khalayak ramai mengtahui apa dan bagaimana slide ini diperuntukkan.

Melihat posisinya, Header terletak di posisi atas dari setiap slide yang di buat dan footer terletak di posisi bawah dari setiap slide yang dibuat. Pengguna dapat tidak menggunakannya sekaligus, misalnya hanya membutuhkan footer nya saja tanpa header atau sebaliknya hanya header saja tanpa footer. Semuanya itu tergantung anda mana yang nyaman dan pas buat slide anda.


Langkah-langkah pembuatan ini berlaku untuk kedua-duanya (header dan footer):

1. Bukalah file powerpoint yang akan dibuatkan header atau footernya (seperti jendela berikut ini)


2. Klik insert-icon bar header & footer (seperti jendela berikut ini)



3. Klik notes and handout pada jendela header and footer (seperti jendela berikut ini)



Keterangan:
a. beri centang pada header; lalu isikan informasi yang diinginkan
b. beri centang pada footer; lalu isikan informasi  yang diinginkan
c. jika page number di beri centang maka setiap slide akan berisikan nomor halaman slide

Setelah selesai men-set di atas selesai maka klik button "apply to all" agar apa yang kita buat muncul di seluruh halaman slide yang di buat (misalnya ada 10 halaman slide maka header dan footer itu akan muncul pada 10 halaman tersebut)


Selesai sudah pembuatan header and footer dan kini slide anda siap untuk tampil lebih profesional dan yang melihat akan mendapaatkan informasi singkat yang bermanfaat yang sudah anda tampilkan pada header and footer. Slide anda akan tampil lebih percaya diri dan membawa efek positif pada diri anda. Mudah bukan untuk pembuatan header and footer, dan jangan takut salah dan mencoba yang pada akhirnya anda belajar dari kesalahan untuk menjadi lebih terampil. Selamat mencoba....?????!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar