Senin, 09 November 2015

TUTORIAL MEMBUAT LED CUBE MENGGUNAKAN ATMEGA 16

LED

OK kali ini ane akan posting tentang bagaimana cara membuat Project LED CUBE. LED CUBE merupakan kumpulan LED yang disusun membentuk Kubus untuk menciptakan animasi LED 3D. secara umum ada 2 cara untuk membuat animasi LED CUBE ini, yaitu Analog & Micro, untuk analog bisa menggunakan IC NE 555 untuk trigger effectnya. tapi kali ini kita akan membahas tentang pembuatan LED CUBE menggunakan ATMega 16 (berbasis microcontroller). ok langsung aja ya simak tutorial dibawah ini.

  • Pertama-tama kita buat sebuah susunan LED berbentuk kubus 4x4x4. susunlah LED dengan cara memparalel kaki katode LED kesamping dan kaki anode LED kebawah.
LED 1

  • Untuk memudahkan penyusunan LED, terlebih dahulu kita buat per layer, bisa juga menggunakan bantuan kertas olive oil yang dilubangi agar LED lurus sejajar dan rapi.

LED 2

LED 3

  • Setelah kita membuat 4 Layer rangkaian LED maka susunlah layer2 tersebut dengan memparalel kaki anode LED kebawah. agar kita dapat megontrol masing2 layer, buat juga kaki yang menghubungkan masing2 layer pada kontroller, so akan ada 16 pin dari anode LED yang terhubung pada kontroller dan 4 pin dari kaki katode masing2 layer.

LED 5

LED 6


  • Setelah itu waktunya membuat rangkaian kontrolnya menggunakan sistem minimum ATmega 16 yang dilengkapi dengan beberapa transistor dan resistor. setelah selesai hubungkan masing2 pin pada kaki LED.

LED 7

  • Setelah semua tertata rapi waktunya mengcoding, adapun metode codingannya hampir sama sama dengan kita mengcoding keypad, yaitu dengan cara scanning. untuk codingannya saya rasa temen2 udah tau semua, so ane gak perlu jelasin diulasan kali ini. & untuk hasil Akhirnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

LED 8


Gimana seru kan..OK ini ada tutorial versi PDFnya silahkan download tapi menggunakan literatur bahasa inggris. ok dah semoga bermanfaat ya..jangan lupa kritik dan sarannya y..





    RELATED POSTS:

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar