Jumat, 22 Oktober 2010

Bekerja dengan Format

Format adalah kegiatan untuk menyiapkan media (hardisk, flashdisk, disket) untuk siap menerima data (menyimpan data). Setiap kegiatan format maka isi yang ada pada media tersebut terhapus (deleted). Format hanya dilakukan bila kondisi media sudah pada tahap memprihatinkan sehingga penyelamatan terhadap media tersebut agar dapat tetap dapat dipakai lagi maka format merupakan solusi terbaiknya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan format:

1. pastikan bahwa data yang tersimpan di media tersebut telah diselamatkan atau sudah dicopykan ke media lainnya

2. pastikan format menggunakan Operating System (OS) yang kompetibel; artinya format dengan OS tertentu maka hanya bisa digunakan untuk OS yang sama pula.

3. jangan terlalu banyak untuk melakukan  format terhadap media karena format yang dilakukan berulang-ulang untuk media yang sama akan dapat merusak media itu sendiri.

Selesai sudah mempertimbangkan 2 hal di atas maka format dapat dilakukan. Langkah-langkah memformat sebagai berikut (contoh memformat di sini adalah media flashdisk):

1. buka jendela explore 

2. klik kanan mouse drive yang akan di format (seperti jendela berikut ini) - format


3. klik format dan muncul jendla berikut ini:

informasi pada jendela ini menunjukkan: kapasitas media, cara memformat cepat (quick format) atau tipe format yang digunakan (FAT32 atau NTFS) 

4. klik start
Sampai disini kegiatan formatting akan berlangsung sampai indikator selesai akan muncul dengan sendirinya.

5. klik Close

Selesai sudah kegiatan formatting dan media siap untuk dapat digunakan kembali. Mulai daris ekarang bila ada media yang dimiliki dan dianggap sudah tidak dapat dipakai lagi karena virus atau masalah lainnya maka cobalah untuk memformat ulang media tersebut dan semoga ini solusi agar media tersebut dapat dipakai lagi. Selamat mencoba....!!!!!












Tidak ada komentar:

Posting Komentar