Minggu, 03 Oktober 2010

Bekerja dengan Partisi

Partisi adalah sebutan untuk pembagian hardisk pada komputer. Pembagian yang dimaksud adalah kapasitas atau daya tampung hardisk tersebut di kelompokkan menjadi beberapa bagian sehingga ada ruang pemisah antar satu partisi dengan partisi lainnya pada hardisk.

Berikut ini contoh hardisk yang telah dipartisi menjadi 3:




Ada beberapa keuntungan dengan partisi ini diantaranya:

1. Proses komputer/kinerja komputer akan lebih cepat; jika data dan file menumpuk pada satu tempat maka yang terjadi adalah lambatnya pembacaan yang dilakukan komputer saat eksekusi sebuah perintah.

2. Keteraturan penyimpanan data; dengan dipisahnya antara data program dan data pribadi maka pengawasan dan pencarian dapat dilakukan dengan cepat dan efisien

3. keamanan data; maksudnya jika trjadi kerusakan program/aplikasi pada komputer maka proses instal ulang (reinstal) tidak mempengaruhi data karena instal dilakukan pada partisi lain yang berbeda dengan partisi data.

Banyak pengguna komputer kurang memperhatikan partisi ini dan pada saat terjadi kerusakan pada program/aplikasi maka data pun akan ikut bermasalah dan yang parahnyanya lagi data tidak ada lagi karena telah diformat pada saat proses instal. 

Ada beberapa syarat partisi dapat diakukan:
1. Kapasitas hardisk yang besar untuk dapat dibagi; misalnya kapasitas hardisk 80Gb maka jumlah 80Gb ini dibagi menjadi beberapa partisi dengan kapasitas masing-masing partisi memiliki kapasitas  20Gb, 40Gb, 20 Gb dari total kapasitas menjadi 80Gb

2. Masing-masing partisi harus di format untuk dapat digunakan; formatting ini dpat dilakukan bila OS telah diinstalkan

Nah...lakukanlah partisi terhadap hardisk komputer/laptop/notbook agar kinerjanya dapat cepat dan tentunya pengamanan terhadap data-data yang ada, dimana instalasi program/aplikasi berbeda partisinya data sehingga kerusakan program tidak mempengaruhi data dan data dapat diselamatkan. Selamat mencoba...!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar