Senin, 04 Oktober 2010

Bekerja dengan shortcut

Shortcut adalah perintah yang dibuat agar pengguna tidak lagi melakukan langkah-langkah prosedural yang bertele-tele/panjang sehingga apa yang diingikan dapat langsung digunakan. Contoh sederhana shortcut adalah icon yang terdapat pada desktop, dimana muncul icon yang mewakili program/aplikasi maupun data kita sendiri. Icon W pada desktop untuk mengaktifkan Microsoft word.

Pembuatn icon seperti yang dijelaskan di atas tidak sulit karena dengan beberapa perintah maka shortcut dapat dibuat dan tidak lagi perlu melakukan hal yang bertele-tele tadi. Berikut ini contoh dari shortcut yang terdapat di desktop:



Dari jendela desktop di atas dapat diketahui beberapa program/aplikasi yang dapat diakses dengan cepat menggunakan shortcut yang terdpat di desktop. Prinsip kerja dari shortcut adalah membuat penggunaannya lebih cepat dan dapat dimunculkan serta dapat dihapus bila tidak diperlukan.

Langkah-langkah membuat shortcut untuk tampil desktop
1. klik objek yang akan dibuatkan shortcut
a. Jika itu program/aplikasi maka cari file yang berextention  .exe karena file ini  biasanya file menjalankannya
b. Jika itu data/file maka klik nama file tersebut

2. Seperti contoh berikut ini akan menampilkan shortcut data/file
a. buka jendela explore (muncul jendela berikut ini):



b. cari nama file/folder yang akan dibuatkan shortcut (misalnya folder lagu) lalu klik kanan mouse folder lagu tersebut


c. klik send to (muncul jendela berikut)- Desktop (create shortcut)


Nah....selesai sudah shortcut untuk folder lagu ada muncul di desktop. Selanjutnya bila ingin membuka folder lagu tidak perlu lagi membuka explore tetapi cukup membuka lewat shortcut lagu yang terdapat di desktop. Gampang bukan, mulai mencoba dari hal yang kecil-kecil dulu dan itu dapat melatih dalam pembuatan shortcut dan penggunaan komputer menjadi lebih terampil. Selamat mencoba....!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar