Selasa, 31 Mei 2011

Langkah-langkah memberi "comment" pada kata atau kalimat

"Comment" adalah "komentar/catatan" yang merupakan penjelasan singkat yang muncul pada saat pointer diarahkan ke bagian tertentu pada naskah dan comment ini tidak akan tercetak pada saat di print. Comment diletakkan pada kata atau kalimat yang diberi "tanda" dan pada bagian itu akan muncul komentar/catatan singkat. ada beberapa kegunaan dari comment diantaranya:

1. Memberi pesan singkat yang dapat dipergunakan untuk menjelaskan bagian tertentu pada naskah yang diberi tanda comment-nya. Misalnya pada nama "Bill gates" diberikan tanda comment maka saat pointer diarahkan pada kata Bill gates maka secara otomatis muncul pesan "pemilik dari microsoft office" dan ini adalah comment-nya

2. Menyembunyikan penjelasan yang tidak tertera pada naskah dan penjelasan tersebut hanya dapat dilihat pada saat pointer diarahkan ke kata yang bertanda comment. Pada bagian ini sangat sesuai dengan anda yang membuat sesuatu dan kunci jawabannya tidak perlu diketahui oleh orang banyak, misalnya pembuatan soal ulangan atau ujian. Dengan comment maka kunci jawaban dapat diletakkan pada nomor soal sehingga saat mengedit soal tidak perlu lagi repot-repot mencari kunci jawabannya karena cukup mengarahkan pada nomor soal maka akan muncul kunci jawabanya. 

3. Menekankan/mengingatkan sesuatu pada bagian tertentu; dengan adanya comment maka pembaca dapat mengingat kembali apa hubungan dengan kata yang diberi comment.

Langkah-langkah memberi comment pada kata atau naskah sebagai berikut:


1. Bukalah file yang yang akan diberi comment lalu blok kata atau kalimat yang ditandai untuk diberi comment

2. Setelah di blok lalu klik insert-comment (seperti jendela berikut ini)



3. Muncul jendela berikut ini


Misalnya kunci jawaban maka pada comment1 (yang diberi tanda lingkaran biru dan panah) ketikkan  B; atau contoh lain misalnya kata yang dblok cerpen maka comment-nya ketikkan "cerita pendek yang pendek sekali" dan sebagainya. Artinya comment-nya tergantung apa yang anda inginkan.

Nah, selesai sudah comment di buat dan saatnya anda sekarang merancang sebuah comment yang diletakkan pada kata atau kalimat tertentu dari sebuah naskah yang dibuat. Bagi guru-guru yang membuat soal ulangan atau ujian maka comment ini sangatlah membantu karena dengan cepat dan tidak perlu membolak-balik halaman naskah untuk mengetahui kunci jawaban dan apabila ada perubahan kunci jawaban maka cukup di ubah pada comment-nya. Selamat mencoba ....????!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar