Minggu, 08 Mei 2011

Menampilkan judul tercetak (printing) pada setiap halaman dengan Ms Excel

Ada kalanya dalam membuat sebuah laporan menggunakan aplikasi Ms Excel yang terdiri dari lebih satu halaman memerlukan judul kolom dan baris untuk halaman ke dua dan seterusnya. Hal ini disebabkan karena judul hanya terdapat pada halaman pertama saja dan untuk halaman ke dua dan seterusnya tidak memiliki judul kolom dan baris. Ini disebabkan judul kolom dan baris pada halaman ke dua dan seterusnya mengikuti judul kolom dan baris pada halaman pertama. Bagaimana caranya agar judul kolom dan baris tersebut tercetak pada setiap halamannya.

Yang dimaksud dengan judul kolom dan baris adalah seperti jendela berikut ini:


Tidak sulit untuk melakukan hal di atas karena hanya mengatur pencetakan pada menu print. Langkah-langkah untuk menghasilkan cetakan seperti itu adalah sebagai berikut:

1. Buka sheet yang akan di cetak

2. Klik file (office button versi 2007) - page setup (seperti pada jendela berikut ini):


3. Selanjutnya klik tab sheet (seperti jendela berikut ini):


Langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:
a. klik pada bar rows to repeat at top
b. blok  judul kolom dan baris yang terdapat pada sheet kerja anda
c. Maka akan muncul range pada bar rows to repeat at top
d. selanjutnya klik ok

Setelah ini selesai anda lakukanmaka lakukan perintah print seperti biasa dan Ms Excel akan secara otomatis akan memotong bagian untuk halaman ke dua, ke tiga dan seterusnya dan pada setiap halaman akan dimunculkanjudul kolom dan baris tersebut.

Gampang bukan? Untuk itu anda tidak perlu lagi repot-repot untuk membuat judul kolomdan baris untuk setiap halaman secara manual karena dengan cara di atas maka semuanya dapat terselesaikan dengan mudah, cepat dan rapi. Selamat mencoba.....????!!!!












Tidak ada komentar:

Posting Komentar