Sabtu, 07 Mei 2011

Langkah-langkah menggunakan kata kunci pada search engine

Bagi pengguna internet (netter) sering mengalami kesulitan untuk mencari literatur dari sebuah alamat, atau terlalu banyak referensi sehingga malah membingungkan pengguna internet. Bagi pengguna yang hendak mencari tugas (kebanyakan pelajar) sering menghabiskan berjam-jam di warnet hanya untuk mencari sebuah permasalahan atau tugas yang diinginkan. Tidak jarang dari para pelajar yang banyak menghabiskan waktunya di warnet dan  tidak menghasilkan apa-apa, sementara biaya udah dikeluarkan, waktu udah tersita dan banyak kerjaan lain yang ditinggalkan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyiasati bagaimana agar apa yang hendak dicari dapat tanpa harus menghabiskan waktu yang lama di warnet, diantaranya:


1. Gunakanlah search engine seperti google, yahoo, dan lain sebagainya (disini saya menggunakan search engine google)
     Misalnya ke halaman google maka klik http://www.google.com



Pada halaman ini jendela google ini yang perlu anda perhatikan dalam pencarian adalah:

a. Gunakan kata kunci; artinya gunakan kata-kata yang memiliki hubungan dengan topik yang akan anda cari. 

Misalnya: pencarian tentang topik statifikasi sosial dalam masyarakat, maka kata kuncinya adalah stratifikasi sosial, jika ingin lebih spesifik lagi lagi maka tambahkan kata ciri-ciri stratifikasi sosial, atau tipe-tipe stratifikasi sosial, atau dampak negatif stratifikasi sosial, dan lain sebagainya sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

b. Gunakan kata yang bermakna sama atau mendekati, artinya jika kata kunci tadi tidak memuaskan anda maka gunakan kata lain yang juga merupakan makna kata kunci tadi

Misalnya stratifikasi sosial, kata lain untuk menggambarkan stratifikasi sosial adalah lapisan masyarakat, tingkatan dalam masyarakat, susunan masyarakat atau jenjang dalam masyarakat. Karena banyak juga para penulis di blog tidak menggunakan definisi atau makna baku tetapi arti dan maksudnya sama. Di samping itu, dengan menggunakan kata kunci yang menyerupai maka referensi tentang masalah yang dicari akan bertambah banyak.

 c. Gunakan bahasa inggris; ini sedikit agak sulit dan akan membuat anda menambah pekerjaan karena harus men-stranslate atau menerjemahkannya ke bahasa indonesia (walaupun ada penerjemahan yang disediakan goole) tapi tetap saja kurang membantu. 

Misalnya topik stratifikasi sosial maka kata kunci dalam bahasa inggrisnya stratification of society. Tapi seperti yang saya sebutkan diatas walaupun anda temukan, anda harus menerjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Apalagi kalau pemahaman terhadap bahasa inggris kita kurang mampu maka langkah ini sulit untuk dilakukan.


2. Gunakanlah kamus online seperti wikipedia  (disini saya menggunakan wikipedia)
     untuk ke halaman wikipedia maka klik  http://www.wikipedia.org/


Dengan menggunakan wikipedia maka kata kunci akan dipaparkan mulai dari definisi, bentuk atau ciri-ciri lainnya yang berhubungan dengan topik yang kita inginkan. Boleh dikatakan dengan wikipedia maka paparannya akan lebih lengkap atau dengan kata lainnya berupa makalah sederhana tentang suatu topik.

Nah, bila dua hal diatas anda lakukan dalam pencarian tugas atau topik maka dapat dipastikan bahwa waktu dan biaya yang anda keluarkandi warnet akan lebih ringan dan cepat. Selamat mencoba....????!!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar