Rabu, 22 Juni 2011

Menggunakan equation untuk pembuatan rumus matematika, fisika, kimia dan biologi

Banyak pengguna komputer/laptop mengalami kesulitan dalam pembuatan naskah yang memerlukan tanda atau simbol yang jarang digunakan. Simbol atau lambang tadi tidaklah dapat ditemukan pada keyboard sehingga banyak cara yang digunakan agar dapat tampil seperti yang diinginkan. Sebagai contoh kasus penulisan naskah matematika, kimia, fisika dan biologi bagi guru sangatlah membingungkan karena banyak lambang atau simbol yang tidak ada pada keyboard. Jika kondisi ini dibiarkan maka sering guru bidang studi tersebut menjadi malas untuk menggunakan komputer/laptop dan akhirnya ditempuh jalan pintas dengan tulis tangan atau mengcopy yang sudah dicetak lalu ditempelkan pada naskah asli.


Sebenarnya jika di-explore lebih jauh lagi, aplikasi Ms Word mempunyai fasilitas bantuan untuk hal yang di atas. Bantuan yang sederhana dapat dilihat pada toolbar format, atau penggunaan simbol (insert-symbol) dan terakhir yang lengkap dan yang seharusnya digunakan adalah equation. Equation tools ini lah yang dapat menjawab permasalah di atas. Pada equation ini terdapat berbagai lambang/simbol, proses kimia, proses matematika, proses fisika dan biologi. Tidak berlebihan mulai dari sekarang  belajarlah untuk menggunakan equation dan minat untuk menulis akan menjadi semangat kembali.

Langkah-langkah menggunakan equation sebagai berikut:

1. posisikan i-beam dimana equation di tempatkan setelah itu klik insert-equation-insert new equataion (seperti jendela berikut ini)



2. muncul jendela equation tools (seperti berikut ini)


Keterangan:

a. lingkaran panah : ruang dimana equation dituliskan; disini perlu diketahui bahwa ruang naskah dan equation berbeda dimana saat equation diaktifkan maka akan muncul jendela equation tools dan untuk keluar dari jendela equation caranya dengan mengklik kanan mouse pada area di luar ruang equation.

b. toolbars simbol; berisikan berbagai simbol yang digunakan;
dengan mengklik salah satu simbol maka secara otomatis akan muncul pada ruang equation dan proses penghapusan (delete) dan cara memblok sama saja dengan proses pengetikan naskah pada umumnya.

c. kelompok rumus; kelompok ini berupa penulisan baku penggunaan berbagai pengrumusan seperti akar, integral, matrik dan seterusnya (seperti jendela berikut ini)

kotak-kotak kecil itu merupakan ruang yang harus diisikan dengan data yang anda inginkan. Jika anda menginginkan sesuatu yang berbeda maka pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dan ini dapat anda gunakan berulang-ulang kali.

Nah, selesai sudah langkah-langkah menggunakan equation dan selanjutnya anda dapat mengerjakan naskah dengan mudah dan cepat. Yang perlu anda ingat dalam penggunaan equation ini adalah 

a. pemilihan lambang-lambang yang digunakan sebelum memilih sebaik anda pastikan dulu rumus ini menggunakan pilihan apa.

b. penggunaan lambang yang berjenjang; anda sudah memilih satu pilihan dan dalam pilihan tadi anda dapat memilih pilihan lagi. Jadi pilihan tidak harus pada ruang yang baru, misalnya anda memilih pecahan dan dalam pecahan ada pangkat dan dalam pangkat ada akar. Pilihan ini adalah sebagai berikut:

- pilihan pertama adalah pecahan
- klik pada pecahan yang akan diberi pangkat lalu pilih equation pangkat
- klik pada equation pangkat lalu pilihan equation akar
- begitulah seterusnya....

jangan pernah untuk tetap mencoba dan jangan putus asa karena sesuatu itu tidak dapat kita ketahui dengan cepat dan mudah. Jika and amelakukan berulang kali dan pasti kesalahan yang sama tidak akan lagi terjadi pada berikutnya. Selamat mencoba....??????!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar